• header
  • header
  • alaskapala
  • inkai sman 1 cipari

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 1 CIPARI | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 CIPARI

NPSN : 20300596

Jl.MT.Haryono 04 Cipari Cilacap Telp.0280-6226190


info@sman1cipari.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 229905
Pengunjung : 53654
Hari ini : 41
Hits hari ini : 88
Member Online : 9
IP : 3.80.224.52
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • Drs BAMBANG SETIAWAN MM (Guru)
    2017-05-04 09:05:37

    Semat dan semoga sukses selalu buat anak-anak ku kelas XII SMAN 1 Cipari yang telah selesai menempuh pendidikan di SMA. Semoga semuan...
  • DARTO S.Pd (Guru)
    2017-03-20 14:09:03

    Apa yang Anda pikirkan?
  • JUMI ANAWATI S.Psi (Guru)
    2016-09-01 15:18:00

    1|2
  • JUMI ANAWATI S.Psi (Guru)
    2016-09-01 15:16:10

    1|1
  • HARDIYANTO TRI KUSWINARNO S.P (Guru)
    2016-03-23 12:41:19

    keadilan yang tertunda atau terlupakan?
  • HARDIYANTO TRI KUSWINARNO S.P (Guru)
    2015-12-10 08:40:54

    Prepare buat bikin wadah kreatifitas siswa...
  • Drs BAMBANG SETIAWAN MM (Guru)
    2015-11-21 17:31:57

    Kebenaran itu akan semakin rumit jika ketakbenaran yang dibenarkan............
  • SALMIZAN S.Pd (Guru)
    2015-11-04 18:35:37

    Apa yang Anda pikirkan?
  • HARDIYANTO TRI KUSWINARNO S.P (Guru)
    2015-11-04 12:32:18

    cipari menunggu hujan........

Motivasi Jelang USBN 2019 - SMA Negeri 1 Cipari




Kegiatan “Motivasi USBN 2019” SMA Negeri 1 Cipari Tahun Akademik 2018/2019 berjalan dengan lancar. Kegiatan dengan tema “Menambah Rasa Percaya Diri dengan Persiapan yang Maksimal” tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 01 Maret 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat belajar dalam persiapan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dan siswi kelas XII baik Jurusan MIPA maupun IPS dan dihadiri oleh kepala sekolah (Drs. Haryono, M.Pd, wakil kepala sekolah (Susilaningsih S.Pd (Humas + kesiswaan), Rina Dian Partiwi (Kurikulum),, Sumaryo, S.Pd (Sarpras), Seluruh Wali kelas XII, dan  dewan guru, serta guru BK.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30–10.30 WIB tersebut diawali dengan sambutan-sambutan dan beberapa informasi, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi motivasi oleh Drs. Haryono, M.Pd dengan tema yang seirama dengan “Man Jadda Wa Jada”, Sebagaimana telah kita ketahui  Man Jadda Wa Jada adalah sebuah ungkapan yang sering kita dengar yang mempunyai makna “siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.” Sebuah ketetapan yang mengisyaratkan manusia bahwa Allah SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum selama kaum tersebut tidak berusaha merubahnya. Materi yang disampaikan oleh Kepala sekolah tersebut sangat berkesan bahkan saat beliau meminta anak-anak mengingat perjuangan orangtua dan guru, semua anak langsung terdiam dalam keharuan. Pada kesempatan itu juga disampaikan kepada seluruh siswa-siswi kelas XII mengenai 5 kunci sukses menghadapi ujian yaitu:

#1 Mindset Juara
Hal mendasarkan yang membedakan juara dan yang tidak juara terletak pada pola pikir. Pola pikir akan mewujudkan dalam tindak. Orang bisa sukses karena tindakannya dan semua tindakan itu berasal dari pola pikir sukses. Kunci Sukses 1 yang akan Anak Anda dapatkan adalah memiliki pola pikir pelajar sukses.

#2 Hancurkan Penghambat Diri
80% masalah belajar disebabkan oleh emosi negatif. Anak sering merasa malas dan tidak termotivasi saat disuruh belajar. Tetapi, menjelang ujian mereka merasa takut tidak lulus, cemas, khawatir dan stress. Semua itu adalah penghambat yang harus dituntaskan. Kunci Sukses 2 yang saya bagikan adalah cara menghilangkan segala bentuk ketakutan, kecemasan, dan berbagai emosi negatifnya dalam belajar dan ujian.

#3 Percaya Diri Menghadapi Ujian
Banyak anak yang mendapat nilai jelek karena kesalahan sepele seperti tidak teliti, ragu-ragu, atau mengubah jawaban yang sebenarnya sudah tepat. Kesalahan ini timbul dari rasa kurang percaya diri. Kunci Sukses 3 yang akan Anak Anda dapatkan adalah memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi ujian.

#4 Disiplin dalam Belajar
Tidak disiplin dan suka menunda-nunda dalam belajar merupakan hal yang merusak persiapan ujian. Untuk mengatasi ini, Anak harus memiliki Kunci Sukses 4 yaitu berdisplin diri dan berperang dengan penundaan.

#5 Strategi Manajemen Waktu
Terlalu banyak bermain dan melupakan belajar membuat anak mendapat nilai jelek. Sebaliknya terlalu banyak belajar dan tidak bermain membuat anak menjadi stres. Perlu ada keseimbangan antara belajar dan bermain dalam masa ujian. Kunci Sukses 5 yang harus dimiliki Anak adalah cara mengatur waktu belajar dengan sistem yang tepat.

#6 Strategi Memahami Pelajaran
Terlalu banyak materi yang dipelajari untuk ujian membuat Anak kelamaan dalam memahami pelajaran. Kunci Sukses 6, menguasai strategi menemukan poin-poin penting dalam pelajaran sehingga Anak Anda bisa memahami pelajaran dengan mudah dalam waktu singkat.

#7 Strategi Menghafal Pelajaran
Menghafal adalah bagian dari pembelajaran di sekolah. Menghafal akan menjadi mudah jika tahu caranya. Kunci Sukses 7 yang akan Anak Anda pelajari adalah cara menghafal daftar kata berurut, rumus, kata asing (cont: pelajaran biologi), dan proses (cont: metamorfosis).

#8 Berlatih untuk Menghadapi Ujian
Semakin banyak berlatih Anak semakin siap menghadapi ujian. Bagaimana berlatih yang tepat untuk melewati masa ujian dengan sukses? Jawabannya ada di Kunci Sukses 8.

#9 Strategi Mengerjakan Soal
Hal yang sering kali dilupakan oleh anak adalah cara mengerjakan soal yang tepat saat ujian. Kunci Sukses 9 yang akan Anak Anda miliki adalah cara mengerjakan soal ujian dengan tepat agar mendapatkan nilai maksimal.

Juga di tekankan agar para siswa untuk selalu giat dalam belajar dan berdoa agar memperoleh hasil yang maksimal.

Diharapkan dengan diadakannya motivasi secara berkelanjutan, siswa kelas XII dapat  menjaga semangat dan keteguhan dalam menghadapi USBN 2019. (Mr. Bebe)

 

 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas